Pengabdian. Satu tahun penuh harus dijalani tamatan akhir KMI Pondok Modern Gontor. Untuk apa? Bila saya fikirkan, bukan sebuah penangguhan ijazah, karena hakikatnya ijazah Gontor itu diberikan kepada siapa saja yang berhak dan menginginkan. Pengabdian juga bukan berarti bagaimana kita menghabiskan waktu menjadi guru. Tapi pengamalan apa yang sudah pernah kita dapatkan berupa ilmu dan pengalaman selama empat atau enam tahun bahkan lebih di Gontor. Saya sendiri ketika mengajar, yang saya tekankan adalah saya juga mendalami kembali apa yang sudah pernah saya terima dulu juga transfer ilmu. Bukan semata-mata mengajar. Dibalik itu saya juga belajar kembali.
Namun setelah lewat dari satu tahun, bukan pengabdian lagi namanya, tapi pengorbanan. Sebuah pilihan besar. Bila dulu masuk Gontor karena disuruh orang tua atau asal masuk karena booming Negri 5 Menara, maka kini adalah keputusan untuk bagaimana kita melanjutkan hidup nantinya. Karena ini adalah pilihan yang sangat besar. Bila itu mendapat tempat pengabdian di dalam pondok. Bila di luar ataupun alumni, saya tidak dapat membeberkan lebih jauh karena saya tidak merasakan. Ini yang saya dan teman-teman rasa.
Bila dari awal sudah memantapkan diri untuk melanjutkan hingga jenjang strata satu, maka kesempatan pengalaman yang dimiliki lebih banyak. Karena Gontor adalah pondok kader. Banyak sektor yang harus diurus, seperti halnya Gontor yangtak kunjung mati. Itulah yang ditanamkan dari hal kecil. Agar kepengurusan itu tidak hilang dengan cara kaderisasi.
Bila hanya satu tahun. Yaitu masa pengabdian, maka seperti pesan pengasuh Gontor Putri 1, Al-Ustadz DR. KH. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, MA, bahwa pengabdian satu tahun berarti pengabdian yang sangat intensif. Seakan-akan kita mengabdi empat tahun yang disusutkan menjadi satu tahun. Bukan dengan keputusan yang mudah untuk meninggalkan pondok. Basic Gontor yang condong ke agama, memang dirasa sulit untuk melanjutkan ke universitas dengan jurusan umum, namun berkat falsafah yang Gontor ajarkan, bila kita memilki kemauan keras dan dengan usaha yang juga keras, insya Allah kita akan mendapatkan.


Leave a Reply

Powered by Blogger.