Kata para sufi, shalat itu tidak wajib. Karena shalat itu kebutuhan. Kalau seandainya diijinkan, mereka akan shalat sepanjang pagi, sepanjang waktu. Karena shalat itu nikmat.
-Dr. Nur hadi Ihsan, MIRKH, dalam mata kuliah Tashawuf-

Apakah ada makan wajib? Mandi wajib? Atau bernafas wajib? Semua itu sudah dan memang bukan sebuah kewajiban, namun kebutuhan yang tak bisa kita tinggal. Saat sesuatu diwajibkan kemudian ada satu fase saat kita merasa kesulitan. Kewajiban tersebut malah menjadi beban. Shalat beban. Puasa beban. Berbuat baik beban. Mengajar beban. Mengabdi beban. Namun di saat semua yang menjadi kewajiban itu diganti menjadi kebutuhan, maka semuanya akan menjadi lebih indah dan mudah.
Mari kita analogikan seperti mandi. Bagiku, mandi adalah sebuah kebutuhan. Tidak mandi perasaan selalu belum tenang. Bad mood, gerah, lengket dan segala hal yang menurut bahasa kita nggak banget.
Apakah kita bisa menjadikan shalat dan segala perintah Allah yang lain menjadi kebutuhan? Bisa. Nikmat dan kasih sayang Allah yang begitu luas. Oksigen yang dapat kita hirup secara Cuma-Cuma. Menjadikan Allah segala-galanya bagi kehidupan kita, hingga kita butuh.
Serely, we need Allah dan segala waktu eksklusif untuk bisa bersama-Nya.


Leave a Reply

Powered by Blogger.