Islam yang keren itu bukan hanya mengandalkan miracle. Ada, tapi manusia tidak bisa mengusahakannya. Semua itu given. Bagi sipaa? Bagi orang yang berprestasi
-Muhammad Muslih, MA dalam mata kuliah Filsafat Barat-

Kamu pernah menunggu keajaiban? Dengan hanya duduk bertopang dagu kemudian berdoa saja kemudian jatuh. Brukkk! Datanglah keajaiban.
Ada beberapa orang yang mendapatkan ilmu tanpa belajar, mengetahui tanpa diberitahu. Dapat irfan dari Allah. Mereka adalah para sufi yang tingkat spiritualnya sudah luar biasa. Percaya saja, memang ada yang seperti itu. Bukan sesuatu yang aneh. Allah dapat memberikan semua itu karena prestasi mereka dalam beribadah yang luar biasa.
Kalau ada yang bilang, “Semua itu kita serahkan pada Allah. Biar Allah yang mengatur.”
What would you think?
Itu kata-kata orang pasrah.
Allah sudah menciptakan kita di dunia untuk menjadi khalifah. Agar berusaha. Bukan berarti kita diam saja menunggu takdir Allah yang datang mengubah kita. Bertawakal adanya setelah kita berusaha dan berdoa. Seandainya saja Allah sudah menakdirkan seperti ini kemudian ternyata kita diam kemudian tidak berusaha untuk menjemputnya, ya tidak akan didapat.
Berusaha dulu, berdoa dulu, kemudian tawakkal. Agar apa yang kita usahakan dan doakan maqbul dengan apa yang Allah takdirkan. 


Leave a Reply

Powered by Blogger.