Ceritanya angkatanku kini belum boleh pulang sampai selesai yudisium kelas 6 untuk mengurus persiapan Ospek. Sebenarnya tak melulu 24 jam kumpul. Ada jadwalnya yang hanya menghabiskan kira-kira 1/7 waktu dalam sehari. Sisanya? Urus diri sendiri.
Tak sepenuhnya aku menyukai liburan. Memang benar kata pak kyai. Ar-rohatuintiqalu 'amalin ila 'amalin akhor, Istirahat adalah pergantian suatu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Ini yang suka membingungkan. Biasanya sibuk lalu diberikan kekosongan. jujur saja, setiap liburan aku malah sering merasakan stress karena bingung akan melakukan apa. 
Maka aku sangat merindukan waktu dimana kami harus berkumpul untuk bekerja menyiapkan apapun itu. Al-faraghah mafsadah itu memang benar adanya. Kalau yang tak mengetahui konsep rohah (istirahat) ya pasti akan memilih mengganti pekerjaan dengan sesuatu yang tak dapat disebut pekerjaan. Aku selalu menekankan pada diriku setiap harinya. What's your value today? Meski kadang bablas, aku cukup merasa menyesal juga bila mengerjakan suatu hal yang tak berguna dan melewati batas.
Kita memang butuh untuk mengistirahatkan diri, otak dan hati. Asal tak berlebihan yang malah menumpulkan ketiganya tadi. Refresh secukupnya, bekerja semaksimalnya. 


Leave a Reply

Powered by Blogger.