Rabu, 21 Januari 2015
13.30 waktu setempat

Sungguh ini adalah ungkapan kesedihan. Aku tak menyangka bahwa pelajaran kami bersama Ustadz Ihsan Qasim harus berakhir hari ini. Esok kami akan ditelaahi oleh seorang pengajar perempuan bernama Aisyah, Jum’at kami akan mendatangi sekolah telaah Rasail Nur, Sabtu kami akan mengadakan perjalanan ke Bursa (tempat dimana diadakannya perjanjian Nicea untuk menetapkan trinitas Yesus) dan lusa kami akan kembali ke Indonesia.
Rasa ini hampir sama seperti saat Ustadz Hidayatullah pindah. Betapa ilmu dan pelajaran hidup darinya belum kuambil sempurna. Rasa ini juga yang kurasakan saat lulus KMI. Betapa banyak sekali hal yang belum kulakukan dengan baik. Namun ilmu itu luas tersebar di penjuru dunia. Bahkan siapa sangka orang yang duduk di sebelahmu kini sedang memberikanmu ilmu. Kata salah seorang guru, semua orang adalah guru bagi kita. Saat ia memberikan pelajaran baik secara lisan ataupun hal, maka ia pantas disebut guru.
Hari ini kami menuntaskan pelajaran ikhlas yang kemarin lalu terpotong. Dengan dosen pembimbing semua contoh menjadi ma’hadi. Ustadz Ihsan Qasim tak biasanya datang terlambat. Itupun karena ia baru saja kembali dari India. Untuk memenuhi janji bersama kami (yang ternyata menjadi akhir).
Kali ini beliau mulai dengan permisalan seekor domba yang keluar dari sekumpulannya. Sang penggembala melemparnya dengan batu, kemudian domba tersebut kembali. Ia sadar akan kesalahan dan mengikuti sekumpulannya menuju jalan yang benar. Aaah.... sering kali manusia tak sadar juga sedang diingatkan. Peringatan agar kita kembali pada jalan yang benar. Baik dengan musibah ataupun kebahagiaan. Perumpamaan seperti ini agar kita sadar. Hewan saja tahu masak kita tidak.
Hanya pertempuan pendek namun memiliki makna dan pelajaran yang sangat besar.
Setelah shalat Dzuhur tadi kami memberikan kenang-kenangan untuknya. Beberapa pesan yang beliau berikan (yang masih kuingat) adalah harga buku dalam bacaannya dan untuk selalu berdoa.
Uusiikum wa iyyaya nafsii bitaqwallah


Leave a Reply

Powered by Blogger.