Senin, 26 Januari 2015
Kamar – 06.03 waktu setempat. Menanti Subuh sejenak

Gagak depan kamarku sudah berkaok sejak tadi. Mungkin ia juga menyambut Subuh selayaknya ayam berkokok di pagi hari. Pagi esok tak akan sehening ini.
Suhu sudah mulai menaik. Maka kawan-kawan bilang bahwa kami datang di waktu yang tepat. Ekstrimisme musim dingin selesai tepat saat kedatangan. Meski pun begitu dingin tetap saja dingin. Dan pagi esok tak akan sedingin ini.
-aku jeda sejenak. Adzan sudah berkumandang-
Ruang tengah – 07.08 waku setempat
Seperti hari yang terus berganti. Seperti langit yang terus bergerak. (Ada apa pula aku pagi ini?) Ia terbiasa melakukan aktivitasnya. Banyak pohon di musim dingin kita sangka mati. Tak berdaun apalagi berbuah. Namun sebenarnya ia sedang hidup dalam kondisinya. Terbiasa dan tahu.
Aaah... memang susah untuk dapat menilai diri sendiri. Hal yang seharusnya menjadi kebiasaan justru menjadi masalah di langit junjungan orang. Kalau tak ada yang mengingatkan bahkan menegur, bisa jadi tak sadar. Itulah mengapa hidup di lingkungan pondok bisa menjadi masa untuk mengaca, menimbang dan mengetahui diri.
Sama seperti pohon tadi. Dengan perubahan musim yang ia alami maka ia harus dapat terbiasa dengan keadaan hawa yang menerpa. Gugur meranggas, dingin berhenti sejenak dan semi tumbuh kembali.
Semalam ternyata aku tertampar oleh kenyataan akan kebiasaan. Menjadi malam terakhir kami untuk bersama dan diingatkan oleh hal-hal yang dianggap biasa ternyata bernilai lain. Tentu menjadi renungan untuk difikirkan dan diubah kembali (menjadi lebih). Karena apa yang kita nilai baik belum tentu baik untuk orang lain. Begitu pula sebaliknya.
Kita ada untuk menjadi pribadi yang selalu lebih baik, bukan?
Aku sendiri merasa berubah sedikit demi sedikit semenjak belajar singkat disini. Guruku mengharapkan perubahan total saat kembali. Namun yang kudapatkan baru perubahan kecil. Seperti kata Felix Siauw dalam bukunya Master Your Habits bahwa sesuatu bila kita lakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan.


Leave a Reply

Powered by Blogger.